oleh

Zaiful-Dibyo: Petani Lamtim Harus Modern, Maju dan Mandiri

Sektor pertanian menjadi sektor yang bakal diprioritaskan pengembangannya oleh Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur nomor urut 02, Zaiful Bokhari dan Ahmad Sudibyo.

Zaiful mengatakan dari sekian program pro rakyat yang digagasnya, salah satunya adalah penguatan sektor pertanian. Seperti peningkatan produksi, mekanisasi dan pengembangan tekhnologi. Kemudian menciptakan pertanian yang rendah biaya dan ekspansi bidang pertanian.

Baca Juga  Lamtim Punya Ciri Khas, Bang Ipul: Ayo Garap Wisata Desa

“Pertanian adalah sektor prioritas di Lampung Timur. Kita harus kembalikan pertanian menjadi primadona pembangunan Bumei Tuwah Bepadan,” ujar Zaiful.

Zaiful menggarisbawahi dua langkah utama pengembangan pertanian. Pertama, meningkatkan produktivitas dan memberi nilai lebih pada hasil pertanian.

“Dalam hal ini, bantuan alat mesin pertanian maupun sarana produksi akan ditingkatkan. Upaya memberi nilai tambah komoditas pertanian juga dilakukan. Peran penyuluh dan mobil layanan keliling pertanian akan kami optimalkan untuk membantu petani meningkatkan produktivitas,” tambah jebolan Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung tersebut.

Baca Juga  Abhan: Bawaslu Jangan Main-Main!


Hal senada diungkapkan Ahmad Sudibyo. Salah satu program pasangan nomor urut 02 di sektor pertanian adalah memberi nilai tambah komoditas pertanian. Salah satunya memberdayakan warga perdesaan untuk mengolah berbagai hasil pertanian.

Langkah kedua, papar Dibyo adalah meningkatkan kesejahteraan petani. “Jika langkah pertama terkait produktivitas, maka yang kedua ini adalah kita harus menjaga dan meningkatkan kesejahteraan petani. Selain dari hasil panen, petani juga harus terlindungi jika gagal panen, maka kami akan memperluas subsidi premi asuransi untuk petani,” tandasnya. (man/tul)

Baca Juga  Sudibyo: Ayo Anak Muda, Jaga Pesta Demokrasi Kita!

Baca Juga