by

Zaiful Bokhari: Santri Itu Pewaris Bangsa

Afiliasi yang terjalin antara pondok pesantren satu dengan pondok pesantren lainnya menjadi pengokoh kekuatan santri dalam dunia pendidikan.

Hal tersebut dibuktikan setiap tahunnya lulusan ponpes banyak yang melanjutkan studi ke univeristas di dalam dan luar negeri.

Dan kerap jebolan santri duduk sebagai punggawa negeri. Dari kelas RT, Lurah, Kepala Desa, Kepala Daerah, Menteri hingga Wakil Presiden.

”Kekuatan santri menjadi kekuatan yang dapat mempererat bangsa. Dan kemampuan ini yang tidak diragukan lagi. Dari berbagai bidang ada peran santri di situ,” tutu Calon Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari kepada Publika.Id.

Baca Juga  Pilkades Sementara Ditunda, Dilanjutkan Setelah Pilkada

Zaiful merasa bangga dan terima kasih atas kesempatan serta kepercayaan yang telah diberikan selama ini oleh ponpes sampai organisasi yang berdiri. Baik dari Nahdatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah.

”Tidak terhitung saya terima kasih atas perannya selama ini. Santri menjadi bagian penting dalam pembangunan di Lampung Timur. Sikap mandiri dan penuh dedikasi ini yang benar-benar dirasakan kehadirannya bagi rakyat Lampung Timur,” imbuhnya.

Zaiful pun merasa bangga karena setiap waktu dan kesempatan dapat bersilaturahmi. ”Dari ngaji bareng, sampai kegiatan lain diberikan ruang. Silahturahmi yang terbentuk ini membuat kita sadar betul, banyak masukan yang disisipkan dalam setiap silahturahmi,” imbuhnya.

Baca Juga  Demo Santuy Yuk, Bang Ipul: Jangan Lupa Ngopi Dulu Bro

Sejarah, sambung Zaiful juga mencatat begitu besar peran santri-santri dalam menuju kemerdekaan. ”Maka para santri di masa sekarang diharapkan dapat melanjutkan berjuang mensyiarkan Islam, dan santri harus siap menjadi pewaris bangsa yang sah dari perjuangan bangsa,” imbuhnya.

Perjuangan saat ini sambung Zaiful berbeda dengan sebelum era kemerdekaan. Santri memiliki kesempatan dalam melanjutkan perjuangan. Pertama, berhak  menempuh pendidikan setinggi tingginya dimanapun berada.

Baca Juga  RUU Menumpuk, Baiknya DPR Realistis Saja

Kedua, siapkan dari sekarang untuk menjawab tantangan di masa depan dengan menyiapkan untuk menjadi ilmuan atau entrepreneur.

”Ketiga, ketika menjadi mahasiswa maka kuncinya harus mempunyai prestasi dan prihatin dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi manapun. Santri adalah pewaris bangsa, dan kami siap menjadi fasilitator, sekaligus mendukung penuh perjuangan santri saat ini,” pungkas bang Ipul saapaan akrab Zaiful Bokhari. (man/tap)

Baca Juga