oleh

Zaiful Bokhari Berharap E-Rekap Mampu Mencegah Manipulasi Suara

Calon Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari  berharap e-rekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi Pilkada efektif dapat mencegah manipulasi perolehan suara peserta pilkada.

”Jika sistem yang dibangun 99,99 persen dapat mencegah manipulasi perolehan suara peserta pilkada, tentu saja ini meringankan kerja jajaran KPU di tingkat TPS, kelurahan dan kecamatan,” jelas Zaiful Bokhari, Minggu (22/11/2020).

Baca Juga  Zaiful Bokhari: Santri Itu Pewaris Bangsa

Bercermin dari kasus Pemilu 2019, sambung Zaiful ada beberapa kasus yang ditangani Mahkamah Konstitusi berhubungan dengan perolehan suara.

”Ada pihak-pihak yang merasa dirugikan karena suara yang diperolehnya dipindahkan. Harapannya ini tidak terulang lagi,” terang Zaiful kepada Publika.id.

”Tentu saja kami tidak ingin hal serupa terjadi lagi. Melalui e-rekap, akurasi dari rekapitulasi sangat tinggi,” terang Zaiful.

Baca Juga  Warga Bermani Ulu Raya Tewas Diseruduk Babi Hutan

Zaiful juga mengemukakan simulasi terhadap penggunaan e-rekap harus dilaksanakan. Simulasi e-rekap harus diterima semua pihak.

”Ini sistem baru sehingga perlu koordinasi secara matang agar dapat dilaksanakan secara maksimal,” harap Bang Ipul—sapaan akrab Zaiful Bokhari. (man/tap)

 

Baca Juga