oleh

Waspadai Peningkatan Angka Covid Jelang Pilkada, Ini Pesan Zaiful Bokhari

Indonesia melaporkan 5.533 kasus baru Covid-19 pada Rabu, sehingga total kasus menjadi 549.508 orang. Menurut data yang dirilis Kementerian Kesehatan, kasus sembuh bertambah 4.001 menjadi 458.880.
Sebanyak 118 pasien Covid-19 meninggal dalam 24 jam terakhir, sehingga total kasus kematian menjadi 17.199 orang.

Persentase kasus positif hari ini berkisar 13,2 persen atau jauh lebih tinggi dari standar pengendalian pandemi yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5 persen.

Calon Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari kembali mengingatkan agar masyarakat dan penyelenggara Pemilu disiplin dan penerapan protokol kesehatan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Baca Juga  Pilkades Sementara Ditunda, Dilanjutkan Setelah Pilkada

“Jangan abaikan protokol kesehatan, jangan sampai ada klaster COVID-19 baru pada pilkada serentak,” terang Zaiful Bokhari, Kamis (3/12/2020).

Disampaikan Zaiful, secara keseluruhan persiapan pilkada di sejumlah daerah terutama di tujuh kabupaten/kota di Kalimantan Barat sudah cukup baik.

Namun, yang perlu di perhatikan kata Zaiful, komitmen semua pihak dalam menerapkan protokol kesehatan pada hari pencoblosan 9 Desember 2020.

“Penerapan protokol kesehatan itu syarat mutlak sesuai aturan dalam pelaksanaan pilkada, jadi penyelenggara pemilu jangan mengabaikan dan melanggar ketentuan, sebagai upaya kita bersama mengantisipasi sebaran COVID-19,” kata Zaiful.

Baca Juga  Jadi Lumbung Benih Nasional, Bang Ipul: Targetnya Penuhi Konsumsi Nasional

Kader Partai PDI Perjuangan itu, juga meminta kepada Satgas COVID-19 melakukan pengawasan dalam disiplin protokol kesehatan pada pilkada serentak.

Menurut dia, petugas penyelenggara juga wajib menjalani rapid test, jika ada yang hasilnya reaktif wajib menjalani isolasi segera lakukan swab tes, kemudian jika terpapar COVID-19 petugas tersebut harus segera digantikan oleh yang lain.

“Itu harus benar-benar menjadi perhatian penyelenggara pemilu, jangan sampai ada klaster baru COVID-19 pada pilkada serentak,” imbuh kandidat nomor urut 2 ini.

Baca Juga  Demo Santuy Yuk, Bang Ipul: Jangan Lupa Ngopi Dulu Bro

Meski pun demikian, Zaiful juga mengimbau kepada seluruh masyarakat pemilih untuk tidak ragu datang ke Tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih di bilik suara pada 9 Desember 2020.

“Masyarakat jangan ragu ke TPS karena di TPS sudah di siapkan standar protokol kesehatan, seperti tempat mencuci tangan, masker termasuk sarung tangan untuk masyarakat, itu sudah tertuang dalam peraturan pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi COVID-19, ingat jangan Golput,” pesan Zaiful Bokhari. (man/tap)

Baca Juga