oleh

Victor Yeimo Buronan Kerusuhan Papua Tertangkap

Setelah lama diburu akhirnya Victor Yeimo tertangkap juga. Pria ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) lantaran terlibat dalam aksi kerusuhan Papua pada 2019.

Pria yang saat ditangkap selalu menebar senyum ini terjerat pasal berlapis. Yakni Pasal 106 jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP dan atau Pasal 14 ayat (1), (2) dan Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Lalu Pasal 66 UU No 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan dan atau Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 187 KUHP dan atau Pasal 365 KUHP dan atau Pasal 170 KUHP ayat (1) dan atau Pasal 2 UU Darurat No 12 Tahun 1951 jo Pasal 64 KUHP.

”Victor Yeimo terlibat dalam tindak pidana makar. Termasuk menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat,” papar Komandan Satgas Humas Nemangkawi Polri Komisaris Besar Polisi Iqbal Alqudusy, Minggu (9/5/2021).

Baca Juga  Pemerintah Buru Aktor di Belakang Aksi

Proses penangkapan berlangsung tanpa perlawanan. Keberadaan Victor Yeimo terendus saaat berada di Jayapura, Minggu(9/5/2021) petang.

Kini dirinya sedang menjalani pemeriksaan intensif di Markas Polda Papua di Jayapura.
Sementara berdasarkan keterangan sejumlah saksi Victor Yeimo merupakan pimpinan demo dan orator.

Untuk diketahui, sebelum kerusuhan pecah, ia sempat menggelar aksi dan berorasi mengenai Papua merdeka.
Ulah Victor Yeimo mengakibatkan kerusuhan massa pecah di sejumlah daerah di Papua pada 2019 seperti Manokwari, Sorong.

Termasuk, Fakfak, Jayapura, Timika, Wamena sebagai ekses kasus rasial yang menimpa sejumlah mahasiswa Papua di Kota Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Baca Juga  Tokoh dan Keluarga Bugis Merapat ke Zaiful-Sudibyo

“Proses pemeriksaan masih terus kita lakukan. Salah satunya mendalami keterlibatan pihak lain dalam kerusuhan Papua,” terang Iqbal Alqudusy. (ful)

Baca Juga