oleh

Sebut Nama Veronica Koman, Nicholas Messet Ungkap Dalang Kerusuhan Papua

Nicholas Messet sosok berpengaruh di Papua menyebut masih banyak kelompok kriminal di Papua meski pun eksistensinya mayoritas melemah.

OPM misalnya, sangat kuat pengaruhnya dan menyebar lewat 4 faksi. Beberapa di antaranya tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dengan Presiden Victor Yeimo yang kini telah diamankan oleh Polda Papua.

Victor Yeimo memiliki peran sentral dalam upaya melakukan pergerakan dan melakukan komunikasi dengan sejumlah orang-orang yang terlibat dalam gerakan Papua Merdeka.

Tak terkecuali Veronica Koman. Wanita yang kini dalam pengejaran aparat. ”Sekarang Kembali saya ingatkan, bahwa dia (Veronica Koman, red) bukan orang Papua. Dia provokator, yang bersembunyi di Australia,” tandasnya, Minggu (9/5/2021).

Baca Juga  Luhut: Jangan Dibilang Buru-Buru!

Nicholas Messet meminta Pemerintah khususnya apparat Kepolisian dan TNI lebih tegas terhadap dalang Papua Merdeka yang menyebar ketakutan dan kerusuhan di masyarakat. Tak terkecuali Veronica Koman.

”Papua inginkan kedamaian. Papua ingin terus membangun,” tegas Nicholas Messet.

Soal Veronica Koman, ia menilai hanya sosok yang mencari keuntungan dengan munculnya kekisruhan. ”Ia tidak berharap Papua tenang dan damai. Dia adalah provikasi yang kabur dari republik ini,” timpalnya.

Baca Juga  48 Hakim Terbukti Melanggar Dijatuhi Sanksi

 

Saat ini, pendekatan yang dilakukan pemerintah dengan cara melakukan pemberdayaan sangan mendukung terciptanya Papua lebih baik. Hak masyarakat khuususnya hak adat mendapat tempat utama.

”Papua ingin bangkit dari keterpurukan yang lalu. Perhatian dari pemerintah sangat dibutuhkan bagi kesejahteraan masyarakat Papua,” tegas Nicholas Messet.

Untuk diketahui, nama Veronica Koman muncul dalam aksi anarkis di Papua. Ini lantaran munculnya insiden rasis di Surabaya 4 September 2019.

Baca Juga  Sertipikat Elektronik, Azis Syamsuddin: Beri Edukasi, Perluas Sosialisasi

Selain Veronica Koman ada nama Benny Wenda. Presiden United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang terus melakukan provokasi dan menghasut negara luar dengan isu-isu bohong.

Dan terakhir OPM Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat yang kini dikomandoi Jeffrey Bolmanak yang sangat intens melakukan manuver provokasi bersama Yaboisembut, sebuah kelompok yang yang menggagas berdirinya Negara Federal Republik Papua Barat. (ful)

Baca Juga