by

Pilkada Lampung Timur Rawan Money Politics, Mas Dibyo: Ayo Kita Awasi

Calon Wakil Bupati Ahmad Sudibyo  mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan setiap tahapan pelaksanaan pilkada, dalam upaya membutuhkan dukungan banyak pihak dalam aktivitas pengawasan.

Mas Dibyo menyatakan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan tidak sekadar datang dan memilih, tetapi juga mengawasi potensi adanya kecurangan yang terjadi, serta melaporkan kepada jajaran pengawas sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses Pemilu dan menindaklanjuti dugaan pelanggaran Pemilu.

Sehingga, kata Mas Dibyo, dengan terlibat dalam pengawasan pemilu secara langsung, masyarakat dapat mengikuti dinamika politik yang terjadi, dan secara tidak langsung belajar tentang penyelenggaraan pemilu dan semua proses yang berlangsung.

Baca Juga  Implementasi Perpres RAN PE Jadi Kunci Meredam Aksi Terorisme

”Kehadiran masyarakat dalam pengawasan yang masif, akan mengawal dan berdampak secara psikologis untuk mengingatkan pengawas agar senantiasa berhati-hati, jujur dan adil dalam menyelenggarakan pengawasan pemilu,” ujarnya.

Menurut Mas Dibyo sejatinya, baik penyelenggara, pengawas, pemantau, peserta Pemilu, dan sejumlah pihak yang terkait dalam Pemilu dapat belajar berperan sesuai latar belakangnya masing-masing.

Dia mengatakan beberapa program pengawasan partisipatif dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat maupun pemangku kepentingan agar ada keterlibatan semua kalangan dalam mengawasi pelaksanaan pemilu atau pilkada.

Baca Juga  Pilih yang Jelas dan Terbukti, Jangan yang Pintar Jualan "Minyak"

Di antaranya pengawasan berbasis teknologi informasi (gowaslu) gowaslu adalah portal bersama yang dapat menghubungkan jajaran pengawas yang mempunyai kewenangan pengawasan dan menerima informasi awal dugaan pelanggaran dengan metode yang dapat dengan mudah dan cepat dijangkau oleh pemantau dan masyarakat pemilih.

“Pengawasan berbasis teknologi informasi dengan pemanfaatan teknologi, keterlibatan masyarakat dalam memberikan informasi awal dugaan pelanggaran pemilu juga dapat dilakukan secara mudah, efektif dan efisien tanpa mengurangi substansi penanganan pelanggaran pemilu,” katanya.

Baca Juga  Zaiful Bokhari Yakin Jika Redistribusi Tanah Berjalan, Kemiskinan dan Pengangguran Teratasi

Ditambahkannya, anggota organisasi kemasyarakatan dan masyarakat umum juga bisa menjadi relawan pengawas dalam gerakan ini dengan melalui verifikasi independensi terlebih dulu.

”Kesempatan dalam kesempitan pasti ada, maka selamatkan Lampung Timur dalam pilkada kali sebagai pedoman agar pesta demokrasi benar-benar terjaga dan menghasilkan pemimpin yang bukan lantaran titipan bohir!” tegasnya. (man/tap)

ILUSTRASI/PUBLIKA.ID

Baca Juga