by

Perkuat Pembinaan Mental Pegawai, Lapas Perempuan Jakarta adakan Ceramah agama sebelum menyambut Ramadhan

Jum’at (26/03/2021), Dalam rangka mewujudkan revolusi mental Aparatur Sipil Negara (ASN), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Jakarta menggelar kegiatan Pembinaan Mental Pegawai di aula Lapas. Seluruh pegawai, Pejabat Struktural, dan Kepala Lapas hadir meramaikan acara yang dimulai setelah waktu dzuhur pukul 13.00 Wib.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta Herlin Candrawati dalam sambutannya menerangkan, pekerjaan sebagai seorang ASN merupakan tugas yang wajib dilaksanakan. Baginya, ada dua hal tak terpisahkan dalam tubuh manusia, diantaranya fisik (lahir) dan mental (batin) atau jasmani dan rohani. “Setiap orang tentu memiliki fisik yang sama, namun tidak semua mental terbentuk sama. Alasan itulah yang menjadi tujuan terselenggaranya kegiatan Pembinaan Mental Pegawai” terangnya.

Baca Juga  Bumame Farmasi Apresiasi Polri Ungkap Kasus Pemalsuan Surat Hasil PCR Swab Test yang Libatkan Sindikat Selebgram

Ia berharap pembinaan mental ini mampu memberikan motivasi, meningkatkan kualitas pegawai dalam upaya pengabdian kepada masyarakat. Karena tugas pegawai Lapas bersentuhan langsung dengan warga binaan dan masyarakat, meski terkendala banyak hal.

Acara utama yang di isi oleh pemuka agama Ustadzah Hj Lulung Ummu Mumtaza menyampaikan beberapa kajian dakwah “ Rasulullah SAW dan para sahabat sejak awal telah menjadikan bulan sya’ban sebagai bulan persiapan menyambut Ramadhan dengan memperbanyak puasa sunnah. Secara khusus disebutkan dalam hadits tentang keutamaan bulan sya’ban : Dari Usamah bin Zaid, ia bertanya pada Rasulullah SAW : “ Wahai Rasulullah, aku belum pernah melihatmu berpuasa pada sebuah bulan yang lebih banyak dari puasamu di bulan sya’ban ? “. Maka Rasulullah SAW menjawab : “ (Sya’ban) itu adalah bulan antara Rojab dan Ramadhan yang kebanyakan manusia melalaikannya. Sya’ban adalah bulan dimana amalan-amalan diangkat menuju sisi Tuhan Semesta Alam, karenanya aku suka ketika amal-amalku diangkat, sementara aku dalam keadaaan berpuasa “ (HR Nasa’i).

Baca Juga  Kompetisi Wushu Tingkat Nasional Lewat Virtual

Ibaratnya kedatangan tamu mulia, maka tuan rumah yang baik tentu akan mempersiapkan sambutan yang terbaik. Kita semua kaum muslimin adalah tuan rumah yang akan mempersiapkan kedatangan Ramadhan, mulai dari bulan Sya’ban ini. Adapun serangkaian persiapan di bulan Sya’ban yang bisa kita lakukan antara lain : Persiapan Keimanan dan Kejiwaan dengan Berdoa & Memperbanyak Ibadah, Memperbanyak Puasa dan Membayar Hutang Puasa, Persiapan Ilmu.

Baca Juga