by

Paslon Jadi Teladan Prokes, Mas Dibyo: Pilkada Jadi Momentum Mengikis Corona

Para pasangan calon kepala daerah yang akan berkompetisi pada Pilkada Serentak 2020 beserta tim kampanyenya harus memberikan contoh dalam penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

”Saya setuju itu. Dan saya pun tekankan pada tim kampanye kami, harus menerapkan protokol kesehatan secara benar sehingga memberikan contoh kepada masyarakat,” terang Calon Wakil Bupati Lampung Timur Sudibyo, Minggu (18/10).

Terlebih, Mas Dibyo—sapaan akrab pria yang berpasangan dengan Zaiful Bokhari itu, pemerintah pusat dan daerah berharap pasangan calon kepala daerah maupun tim kampanyenya mampu menyampaikan materi kampanye edukasi kepada masyarakat.

Baca Juga  16.393 Spesimen dari Lampung Diperiksa

”Materinya tetap pada koridor menerapkan protokol kesehatan secara benar sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Ini peluang, mereda Virus Corona meluas, dengan konsep edukasi,” tuturnya kepada

 

Mas Dibyoselalu memberikan contoh penggunaan masker saat kegiatan. Meski Ia sadari sosialisasi Prokes tidak langsung bisa diterpakan. Minimal langkahnya memberikan edukasi seperti menggunakan masker saat berada di tengah masyarakat. 

Tentu saja, lanjut Mas Dibyo, jika pasangan calon kepada daerah maupun tim kampanyenya telah menerapkan protokol kesehatan dan sering mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, maka masyarakat akan menirunya.

”Sosialisasi itu secara intens, menjadi kebiasaan baru. Rutinitas baru. Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun. Sederhananamu melekat,” imbuhnya.

Baca Juga  Pesawat Hercules Bantu Warga Pulang Kampung, Azis Syamsuddin: Gotong-Royong Kunci Utama

Mantan Anggota DPRD Lampung Timur itu yakin, contoh teladan dari pasangan calon kepala daerah dan tim kampanyenya akan menjadi kunci utama penerapan protokol kesehatan pada masa kampanye Pilkada Serentak 2020.

”Contoh teladan dari pasangan calon jauh lebih efektif untuk mengingatkan masyarakat,” tuturnya.

Untuk diketahui berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 mengatur tahapan kampanye Pilkada Serentak 2020, yakni pada 26 September hingga 5 Desember 2020. (man/tap)

Baca Juga  Begini Cara Zaiful-Dibyo Bangkitkan Wisata Lamtim Jika Terpilih

Rinciannya Kampanye:

1. Pertemuan terbatas, tatap muka, dan dialog, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye (APK) dan kegiatan lainnya (26 September-5 Desember 2020)

2. Debat publik/terbuka antarpasangan calon (26 September-5 Desember 2020)

3. Kampanye melalui media massa, cetak, dan elektronik (22 November-5 Desember 2020)

4. Masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye (6-8 Desember 2020).

Baca Juga