oleh

WNA Cina Ikutan Mudik, Nitizen Doakan Menhub

Kontroversi pelonggaran bagi warga negara asing (WNA) dari Guangzhou, Cina terus mengemuka. Padahal Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi masuknya 4 varian baru mutasi virus corona (Covid-19) ke Indonesia.

 

 

Ya, melalui akun Instagram @kemenkes_ri, mengungkapkan tiga varian barus yang telah masuk di Indonesia yakni varian Inggris (B.1.1.7), varian India (B.1.6.1.7), varian Afrika Selatan (B.1.3.5.1), dan varian (B.1.5.2.5).

Terkait dengan kondisi ini, Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih menjelaskan tidak menutup kemungkinan WNA yang masuk ke Indonesia terpapar varian baru Covid-19.

”Untuk jumlah keseluruhan ada 131WNA Cina yang masuk ke Indonesia. Sejauh ini baru 2 warga Cina yang positif Covid-19,” ungkap Benget Saragih.

Baca Juga  Ada Rp252,78 Triliun Uang Pemda Sengaja Diendap di Bank

Tidak menutup kemungkinan WNA asal Cina tersebut terinfeksi virus dengan varian baru. Risiko besar ini yang akan Kembali ditanggung bangsa Indonesia.

”Mudik dibatasi. Orang luar yang bisa jadi bawa virus eh dibiarkan masuk. Ini Menteri Budi Karya Sumadi sadar ngak sih. Nanti terpapar virus lagi, kan repot,” terang Hadi Subandrio warga asal Kota Tanggerang, Banten (9/5/2021).

Aktivis, sekaligus penggiat sosial ini menambahkan, kedatangan 160 WNA dengan pesawat Cina Southern Airlines CZ387 (regular flight) dari Guangzhou, RRT, di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (8/5/2021) pukul 05.00 WIB merupakan keteledoran dari Kementerian Perhubungan.

”Apa Menhub tidak berkaca dengan India. Apakah dia sadar resiko penularannya makin deras. Tolonglah, buat kebijakan itu yang satu arah, jangan begini. Yang repot masyarakatnya,” tandas Hadi Subandrio.

Baca Juga  Terpapar Covid-19, Pollycarpus Meninggal

Kondisi ini memunculkan kesan warga Cina diperbolehkan mudik ke Indonesia, orang Indonesianya dilarang mudik. ”Oke deh, sekarang kami doakan Pak Menhub sehat selalu, jangan sampai kena virus lagi,” timpalnya. (oke/man)

Baca Juga  Mega Proyek Nurdin Abdullah Terancam "Ambyar" Ini Sebabnya!

Baca Juga