by

Mayoritas Kematian Covid-19 Disebabkan Komorbid

Ternyata data menunjukkan bahwa mayoritas kematian pasien positif Covid-19 disebabkan oleh penyakit komorbid di sejumlah daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Herlin Ferliana mengatakan sebanyak 95 persen pasien Covid-19 yang meninggal di provinsi ini memiliki penyakit komorbid seperti jantung dan paru.

”Ada pasien yang datangnya terlambat, ada juga yang tidak datang terlambat tapi karena memiliki komorbid menjadi sulit recovery,” kata Herlin dalam konferensi pers virtual bersama Kementerian Kesehatan, Rabu (21/10).

Herlin mengatakan kondisi ini harus menjadi perhatian khusus agar orang-orang dengan penyakit komorbid tidak sampai tertular.

Baca Juga  Menjelang Pilkada, Paparan Covid-19 Tembus 5.754 Kasus

Persentase kematian akibat Covid-19 di Jawa Timur saat ini berjumlah 7,24 persen atau 3.582 orang dari total 49.474 kasus kumulatif.

Hal serupa juga terjadi di Sulawesi Selatan, dimana 97 persen kasus kematian pasien Covid-19 disebabkan oleh penyakit komorbid.

”Komorbid ini memperberat kondisi pasien,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Muhammad Ichsan Mustari.

Namun menurut dia, angka kematian Covid-19 di Sulawesi Selatan mulai menurun hingga 2,6 persen dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga  Perangi Covid-19, Wakapolres Paser Galakan Budidaya Jahe Merah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yuliant Prabowo mengatakan orang-orang dengan komorbid menjadi prioritas untuk dites usap demi mencegah fatalitas yang lebih lanjut.

Dia mengklaim angka kematian Covid-19 di Jawa Tengah telah menurun dari 7,18 persen pada pekan ke-35 menjadi 5,44 persen pada pekan ke-42 pandemi.

Kementerian Kesehatan telah menurunkan tim khusus untuk mengendalikan pandemi di 12 provinsi prioritas yang paling terdampak Covid-19.

Sebanyak 12 provinsi tersebut yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatra Utara, Papua, Banten, Aceh, dan Riau.

Baca Juga  DPR Soroti Pendataan Covid-19, Kini Data Real Time yang Dibutuhkan

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan secara umum angka kematian di 12 provinsi tersebut telah mengalami penurunan, meski dia tidak merinci data lebih lanjut.

Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur isolasi dan ICU untuk pasien Covid-19 juga telah menurun menjadi rata-rata di bawah 60 persen untuk pasien bergejala sedang hingga berat.

”Rata-rata sudah tidak ada lagi penumpukan pasien yang membutuhkan tempat tidur rumah sakit,” ujar dia. (man/tap)

 

 

Baca Juga