by

Ketahanan Pangan Jadi Komitmen Zaiful-Dibyo

Program ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lamtim nomor urut 02 Zaiful Bokhari dan Ahmad Sudibyo. Program ketahanan pangan untuk masyarakat Bumei Tuwah Bepadan, menurut Cabup Zaiful Bokhari, lantaran Sumber Daya Alam (SDA) Lamtim yanb sangat mendukung.

Dengan luas lahan persawahan mencapai 131.124 Ha dengan total produksi 732.143 ton , Zaiful yakin Lamtim menjadi salah satu daerah yang bisa mendukung program ketahanan pangan di nasional.

Baca Juga  Disinggung soal Infrastruktur Bang Ipul : Biarkan Hasil Kerja yang Menjawabnya

Bersamaan dengan hari pangan sedunia, menurut Zaiful, ketersediaan pangan salah satunya terkait dengan produktifitas bidang pertanian.

Permasalahan yang ada di petani saat ini, kata Zaiful adalah sulitnya mendapatkan subsidi pupuk hingga pemasaran produk hasil pertanian yang kurang menguntungkan petani.

ILUSTRASI: ZAIFUL BOKHARI-SUDIBYO/PUBLIKA.ID
ILUSTRASI: ZAIFUL BOKHARI-SUDIBYO/PUBLIKA.ID

“Prioritas yang kami usung adalah Petani dan Nelayan Bangkit Sejahtera, dan itu akan menjadi fokus kami ketika diamanahi menjadi pemimpin di Kabupaten Lampung Timur,” ujar alumni Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung tersebut.

Baca Juga  Tekankan Netralitas, Zaiful Bokhari: Jagalah Marwah Abdi Negara

Menurutnya, besarnya potensi SDA  harus diberdayakan dengan maksimal. Di sisi lain, posisi Lampung Timur sebagai sentra ubi kayu juga sangat strategis.

Ya, dengan produksi ubi kayu sebanyak 730.232 ton di tahun 2019,  pencapain produksi tersebut membuat Lamtim menjadi penyumbang terbesar di provinsi lampung.

Selain itu, paslon yang populer dengan tagline Kerja Nyata itu akan melakukan akselerasi pemanfaatan inovasi teknologi dan optimalisasi pemanfaatan lahan (lahan rawa menjadi areal persawahan).

Baca Juga  Ingat Kampanye di Pesantren Dilarang Lho!

Di Kabupaten Lampung Timur selama 2 tahun, yaitu pada tahun 2018 dan 2019 program ini sudah ada yaitu program serasi (Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani) di Kecamatan Labuhan Maringgai, Mataram Baru, Way Jepara Dan Braja Selebah. “Program ini akan kita tingkatkan untuk ketahanan pangan Lampung Timur,” tandasnya. (man/tul)

Baca Juga