by

Ini Alasan Mengapa Warga NU Dukung Zaiful-Sudibyo

Kedekatan H. Zaiful Bokhari dengan beberapa petinggi partai politik khususnya tokoh-tokoh Nahdatul Ulama sudah berjalan lama.

Wajar jika sebelumnya, ia digandeng Chusnunia Chalim sebagai Wakil Bupati Lampung Timur. Karena perhatian dan kedekatannya dengan kiai dan para ulama.

Kemesraan Zaiful Bokhari dengan para ulama dan tokoh-tokoh NU khususnya petinggi PKB inilah  setidaknya menjadi fakta, sebenarnya sulit bagi partai besutan Muhaimin Iskandar itu untuk menolak Zaiful Bokhari untuk melanjutkan tampuk kepemimpinannya.

Baca Juga  Bang Ipul : Lamtim Harus Jadi Lumbung Pangan Nasional

Sayangnya, PKB terlanjur meminang pihak lain. Bisa jadi lantaran faktor X. Meski demikian Zaiful Bokhari menganggap ini adalah bagaian dari demokrasi.

Bagian dari kebebasan partai politik dalam mengusung kandidat. Hak memilih, hak dipilih serta hak memberikan mandat merupakan tanggungjawab partai.

Di luar konteks itu, H. Edi Sudanto mengungkapkan bahwa sudah sejak lama Zaiful Bokhari dekat dengan para ulama. Karena dirinya lahir dari keluarga NU.

Sowan dan kerap mendatangi pengajian menjadi kebiasaannya. Meski pun ini dilakukan baik secara terang-terangan dalam sesi sebuah kegiatan maupun hanya sebatas silahturahmi.

Baca Juga  Anies Tak Diberi "Angin" Presiden Jokowi: Arinal, Ganjar, Ridwan Kamil, Silahkan!

”Ya, dari dulu memang dekat mas. Haji Zaiful Bokhari itu berhubungan baik dengan siapapun apalagi dari unsur NU dan Muhammadiyah. Ya, apalagi kedekatannya dengan pimpinan partai politik. Tentu saja itu bagian yang tak terpisahkan dari posisinya saat ini,” tutur Edi Sudanto dalam satu kesempatan.

Terlebih, sambung Edi, Zaiful Bokhari merupakan warga Nahdlatul Ulama. Keakrabannya alami, bukan lantaran ada kepentingan politik dan sekadar cari dukungan.

Baca Juga  Zaiful Bokhari Meminta Relawan Sebarkan Pesan Sejuk, untuk Melawan Hoaks

”Jadi kalau sekarang foto-foto itu beredar, ya wajar sajalah. Beliau dekat dengan para kiai, begitu sayang dengan para ulama. Wajar kalau sowan dan mohon doa kepada para Kiyai dan pengurus Nahdlatul Ulama, toh buktinya cucu pendiri NU juga memberikan restu dan dukungan terhadap Zaiful-Sudibyo,” pungkasnya. (man/tap)

 

 

Baca Juga