by

Ekonomi Rakyat Tumbuh, Mas Dibyo: Dorong Keuangan Syariah Sumber Pendukung

Calon Wakil Bupati Lampung Timur Sudibyo mengatakan industri ekonomi dan keuangan syariah masih memiliki ruang untuk bertumbuh.

Terlebih populasi penduduk muslim di Indonesia mencapai 87 persen atau sekitar 230 juta jiwa, namun market share keuangan syariah di Indonesia baru 9,68 persen per Juli 2020.

”Market share ini masih kecil bila dibandingkan dengan populasi penduduk muslim di Indonesia. Dengan gagasan BUMN melakukan merger tiga bank, artinya harapan untuk tumbuh dan kuat sangat terbuka,” ujar Mas Dibyo—sapaan akrabnya, Rabu (14/10).

Baca Juga  KPU Tidak Bisa Bekerja Sendiri, Zaiful Bokhari: Ayo Jaga Situasi

Efek positifnya, sambung dia, pengembangan Bank Syariah juga bisa sinergi dengan pemerintah daerah, pondok pesantren maupun UMKM di daerah.

”Kabupaten Lampung Timur jelas memiliki potensi ini. Dengan basis ponpes yang ada, tentu bisa berkembang. Ada sinergi dalam proses pengembangannya,” jelas kandidat yang berpasangan dengan Calon Bupati Zaiful Bokhari itu kepada Publika.id.

Ditambahkannya, pertumbuhannya diharapkan dari sisi jumlah nasabah, dana tabungan masyarakat, maupun penyaluran kredit atau pembiayaan juga tumbuh.

”Yang diutamakan memberikan keringanan, kemudahan maupun akses yang cepat dalam hal pemberian bantuan kredit dengan model syariah. Ini yang terpenting,” jelasnya.

Baca Juga  Prokes Disosialisasikan Anak Muda, Zaiful Bokhari: Ingat Pesan Ibu

Dengan gagasan ini, tentu ke depan, pasangan Zaiful-Sudibyo tetap akan memprioritaskan agar semua lini menikmati kemudahan atas akses Bank Syariah yang ada.

”Ini kewajiban kita. Membantu masyarakat, dan lebih bermanfaat. Sinergi dengan BUMN dan bank syariah yang telah ditetapkan pemerintah menjadi salah satu langkah kerja kami,” tururnya.

Mas Dibyo menyakini proses merger ini akan menciptakan satu bank syariah besar dan solid secara nasional dan juga global.

Baca Juga  PDIP Gas Pol, Zaiful Bokhari-Sudibyo Wajib Menang

Terlebih, proses merger ini merupakan komitmen pemerintah untuk menjadikan ekonomi syariah sebagai pilar baru kekuatan ekonomi Indonesia.

Sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, sudah sepantasnya Indonesia memiliki bank syariah yang kuat.

”Saat ini kita masih tertinggal dari negara berpenduduk muslim lainnya. Namun dengan penggabungan ini, dengan bersatunya ketiga bank ini Insya Allah Kabupaten Lampung Timur mampu jadi salah daerah sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Lampung,” tuturnya. (man/tab)

Baca Juga