by

BMKG Ingatkan Ancaman Bencana Jelang Pilkada, Bang Ipul: Jaga Kesehatan, Jaga Alam Kita

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi memprediksi adanya ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung yang bisa saja terjadi pada saat pagelaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Ancaman bencana tersebut berdasarkan analisa BMKG terhadap kondisi cuaca. Pada November dan Desember 2020 merupakan puncak musim penghujan sehingga hampir seluruh wilayah bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang dan tinggi pada dua bulan terakhir ini.

Baca Juga  Akishino Dinobatkan Sebagai Ahli Waris Utama Kekaisaran Jepang

”BMKG telah mengingatkan kita. Waspada banjir, waspada tanah longsor. Ayo bersiap, jaga alam, jaga kesehatan lingkungan, agar kita terhindar dari marabahaya,” harap Calon Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, Jumat (6/11).

Banjir Cilacap Meluas, Sebanyak 7.949 Jiwa Terdampak

Zaiful juga mengatakan kondisi cuaca itu diprediksi terjadi sejak dasarian dua di November hingga dasarian satu di Desember.

”Analisa dari BMKG, hujan bakal terjadi pada menjelang siang hingga sore hari dan dini hari. Artinya kita diminta untuk mengantisipasi hal terburuk jika nantinya terjadi. Kita meminta kepada Allah SWT agar kondisi wilayah dan  rakyat Lampung Timur tidak terhindar dari bencana, amin,” harapnya.

Baca Juga  Dua Puluh Desa Terdampak Banjir

Untuk diketahu di beberapa derah di Sumatera pada Desember mendatang, hampir rata-rata terjadi banjir.

“Oleh sebab itu, BMKG meminta penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 agar menyiapkan alat dan sarana untuk menghadapi kondisi cuaca dan potensi bencana tersebut dan tentunya ini bertujuan agar Pilkada yang digelar tanpa hambatan,” jelas BMKG dalam rilis yang diterima. (man/tap)

Baca Juga  Dua Pengedar Dolar Palsu Kena Ciduk

Baca Juga