by

Bang Ipul : Wisata Berbasis Desa Harus Jadi Motor Ekonomi Lamtim

Pengembangan destinasi wisata di Lampung Timur tak bisa meninggalkan desa. Justru desa menjadi basis pengembangan karena banyak sumber daya desa yang bisa dikelola untuk menggerakkan pariwisata. Efeknya juga bisa langsung dirasakan warga, yakni pada pemberdayaan dan kesejahteraan warga.

Hal itu diungkapkan Calon bupati Lampung Timur nomor urut 2, Zaiful Bokhari. Komitmen pria yang menggandeng Ahmad Sudibyo pada Pilkada 9 Desember mendatang adalah menggerakkan perekonomian dengan mengembangkan wisata berbasis desa.

Mengembangkan desa-desa kreatif, kata Zaiful, merupakan salah satu pendekatan dalam mengembangkan destinasi wisata berbasis desa. Selain itu, desa yang memiliki perkebunan jeruk, buah naga, lebah madu, akan didorong untuk dikembangkan.

Baca Juga  Total 1.172 Petugas TPS Terjangkit Virus Corona

“Desa kreatif di Jawa, Kawasan Danau Toba, dan Mandalika terbukti menjadi daya tarik wisatawan mancanegara karena nilai budayanya yang begitu kental. Membangun desa dengan pariwisata sebagai driver-nya,” jelas Zaiful.

“Masyarakat bisa berkunjung langsung ke perkebunan memetik buahnya ketika musim panen, seperti yang sudah dijalankan oleh masyarakat di beberapa desa di sini,” kata pria Kelahiran Sukadana, 51 tahun silam itu.

Untuk itu, peran pemerintah adalah membantu masyarakat dalam membangun infrastruktur penunjanganya. Ini dilakukan agar wisatawan punya akses lebih mudah ke destinasi wisata yang akan mereka kunjungi.

Baca Juga  Kasus Meninggal Bertambah, Mas Dibyo: Ayo Jaga Lamtim

“Kita punya beberapa titik perkebunan buah dan sungai yang mengalir dengan keindahan alam yang masih asri. Ini berpotensi menjadi magnet wisata yang layak dikunjungi, ” papar Alumnus Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung itu.

Zaiful sudah membuat rencana untuk membuka akses wisata di semua lini dan akan terkoneksi dengan infrastruktur di Lampung Timur. “Kami sudah punya bukti kerja bukan sekadar janji,” katanya.

Baca Juga  Umat Muslim Dunia Terluka, Bang Ipul: Islam Mengajarkan Perdamaian

Selain itu Pembangunan fisik di berbagai desa di Lamtim, kata Bang Ipul Wahid—sapaan akrab Zaiful Bokhari—harus diikuti dengan pengembangan sumber daya manusia, dengan cakupan pengetahuan yang luas termasuk digital.

“Bayangkan apabila di Lamtim asa 100 desa kreatif memiliki 1 saja produk ekspor dan terkoneksi dengan teknologi digital. Artinya ada 1,000 produk ekspor yang dihasilkan oleh desa. Hal ini tentu akan menghasilkan multiplier effect yang luar biasa”, tandasnya. (man/tul)

Baca Juga