oleh

Bang Ipul: Saatnya UMKM Lamtim Go International!

Calon Bupati Lampung Timur nomor urut 2, Zaiful Bokhari, berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat melalui inkubasi UMKM jika nanti diberikan amanah kembali menjadi orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan.

Ini dilakukan lantaran Bang Ipuk berkeinginan kuat untuk memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat karena dampak dari pandemi virus covid-19.

“Kesehatan dan perekonomian harus berjalan beriringan, pemberdayaan UMKM adalah salah satu solusi yang kita tawarkan untuk membenahi kondisi ekonomi saat ini,” ujar pria kelahiran Sukadana, 51 tahun silam tersebut.

Lebih lanjut, Bang Ipul mengatakan pemberdayaan UMKM Lampung Timur harus dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Ia berharap para kaum milenial ikut berpartisipasi sebagai motor penggerak roda ekonomi kreatif tersebut.

Baca Juga  Forum Mantan DPRD Lamtim Pilih Zaiful Bokhari-Sudibyo

“Kita tengah menghadapi digitalisasi ekonomi. Nah, di sini peran serta para pemuda untuk mengambil peran lebih banyak dalam pengembangan ekonomi kerakyatan,” papar Bang Ipul.

Hal ini sejalan dengan program kerja Kementerian Koperasi dan UKM menghadapi era Industri 4.0. Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menegaskan, zaman ini merupakan zaman digitalisasi hampir di segala bidang.

Oleh karena itu, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) harus bertransformasi ke ekonomi digital. Dari mereka yang terhubung ke dalam ekosistem digital diungkap Teten, lebih memiliki daya tahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga  Waspadai Peningkatan Angka Covid Jelang Pilkada, Ini Pesan Zaiful Bokhari

“Tantangan terbesar kita, minimnya koperasi yang memanfaatkan ekosistem digital ini dalam pengelolaan koperasinya,” kata Teten dalam siaran pers yang diterima Publika.id pada Minggu (25/10).

Teten mengatakan, baru sekitar 0,73 persen atau sejumlah 123.048 unit dari jumlah koperasi aktif yang sudah memiliki alamat website.

Maka, digitalisasi Koperasi dan UMKM menjadi salah satu agenda prioritas Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) untuk mencapai efisiensi dan efektivitas layanan koperasi tanpa harus merubah nilai-nilai dasar koperasi. Ia menyebut substansi ini pula yang telah dikuatkan di dalam Undang-undang Cipta Kerja.

Baca Juga  Soal Investasi, Zaiful Bokhari: Cuma Satu Jalannya, Permudah Izin Usaha

Di dalam program yang dicanangkan oleh Zaiful Bokhari, penguatan ekonomi kecil haruslah melalui inkubasi UMKM. Ini sudah mencakup permodalan, pelatihan, pendampingan dan pemasaran. Ia pun bertekad agar produk UMKM Lamtim dapat menembus pasar domestik, mulai dari Sukadana, Bandar Lampung dan Indonesia. Bahkan, diharapkan dapat menembus pasar internasional.

“Tidak menutup kemungkinan bila UMKM kita benar-benar menghasilkan produk yang berkualitas, maka bisa menembus pasar internasional. Pemerintahan Zaiful Bokhari dan Sudibyo akan hadir untuk membantu masyarakat kita untuk memperbaiki kondisi perekonomian,” tandas pria yang menggandeng Sudibyo dalam Pilkada 2020 itu. (man/tul)

Baca Juga