by

Bang Ipul: Pilkada Momentum Kampanyekan Gaya Hidup Sehat

Kendati Lampung Timur telah masuk ke zona kuning dalam penularan infeksi Covid-19, kegiatan politik seperti kampanye para paslon dalam Pilkada 2020 tetap berjalan normal lewat protokol kesehatan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik optimistis gelaran pilkada di masa pandemi bisa menjadi ajang calon kepala daerah untuk beradu gagasan solusi penanganan COVID-19 di daerah.

“Kita ingin demokrasi berjalan tetapi perang tehadap pandemi COVID-19 tetap berjalan. Dan kami ingin pilkada ini dijadikan ajang bagi para paslon untuk menawarkan solusi memerangi pandemi COVID-19,” kata Akmal di Bandung, kemarin.

Baca Juga  Ketahanan Pangan Jadi Komitmen Zaiful-Dibyo

Akmal juga mengatakan semua paslon pilkada diwajibkan untuk mendorong program pemerintah terkait protokol kesehatan COVID-19, dalam rangka memutus rantai penyebaran virus tersebut.

“Kami paham ada yang berkata pilkada dapat berpotensi menjadi klaster baru (COVID-19), tapi kami tetap optimis dan mendorong semua paslon untuk mengkampanyekan protokol kesehatan,” kata Akmal.

“Ada 735 paslon dan tim suksesnya, ini adalah kekuatan yang sangat hebat sekali jika berhasil mengajak masyarakat untuk menaati protokol kesehatan,” tambahnya.

Baca Juga  Ssstt..Lamtim Ternyata Punya Sentra Ikan Asap Terkenal

Senada, Calon Bupati Lampung Timur nomor urut 02 Zaiful Bokhari mengatakan, pihaknya telah menerapkan kampanye terbatas dengan protokol kesehatan lewat pola 3 M (Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

“Sejak Rabu lalu, kampanye terbatas telah kita lakukan. Tidak ada penumpukan massa, semua yang ikut pun wajib memakai masker. Pola ini yang sudah kami jalankan selama kampanye berlangsung,” ujar pria yang menggandeng Ahmad Sudibyo di Pilkada Lamtim 9 Desember mendatang.

Dijelaskannya, kampanye terbatas menjadi penerapan aturan dalam upaya mempersempit laju penularan.

Zaiful mengatakan, selama kampanye ia tak lupa menyampaikan kepada warga untuk menerapkan gaya hidup sehat.  “Pola 3 M yang selalu saya ingatkan kepada para warga menjadi langkah solutif bagi tiap orang, untuk menutup kemungkinan tertular ataupun menularkan,” jelaskan.

Baca Juga  Pesan Mas Dibyo untuk Penyelenggara: Kedepankanlah Integritas Sebagai Gaya Hidup

Baginya, kampanye tidak hanya sebagai kegiatan politik. Lebih dari itu, pilkada menjadi bagian kampanye gaya hidup sehat dalam menghadapi COVID-19.

“Jadi kami tak hanya bicara langkah pencegahan di setiap pertemuan, melainkan mengajak warga sadardalam menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya. (man/tul)

Baca Juga