oleh

Bang Ipul Kirim Pesan Bijak Lho, Apa Sih Isinya?

Calon Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam ajang Pilkada yang bakal dihelat 9 Desember 2020.

Kondisi ini, memag sulit, lantaran di tengah situasi dan kondisi atas tekanan wabah Virus Corona yang terus menggeliat setiap hari. ”Wabah harus kita lawan. Lawan dengan protokol kesehatan. Itu kuncinya,” ujar Zaiful kepada

Karena Pilkada merupakan amanah, maka Zaiful berharap, gunakanlah hak pilih ini sebaik-baiknya.

“Bapak-bapak, ibu-ibu harus berperan. Berperan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan terhormat. Agar Lampung Timur memiliki pemimpin yang benar-benar mampu mewakili suara rakyat. Bukan suara pemilik modal,” ujar Bang Ipul-saapaan akrab petahana ini.

Baca Juga  Usai Tragedi Penembakan, Warga Kampung Hitadipa Mengungsi

Khusus umat Islam di Kabupaten berjuluk Bumei Tuwah Bepadan ini, dirinya meminta untuk menggunakan hak pilihnya dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan terhormat.

”Pilkada penting untuk bangsa. Pilkada adalah sarana memilih kepala daerah melalui sistem pemilihan yang demokratis, langsung, umum, bebas dan rahasia. Ayo kita kokohkan langkah kita untuk Lampung Timur makmur,” paparnya.

Dia juga mengajak umat Islam untuk memilih pemimpin yang jujur, amanah, cerdas (fathonah), aspiratif dan komunikatif (tabligh).

Pertimbangan lain, kata dia, juga harus diutamakan yaitu memilih calon yang mampu melindungi dan memberikan rasa aman masyarakat serta dapat membawa perbaikan, kemajuan dan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga  Punya Tugas Ganda, Kemala Harris Jadi Penerus Joe Biden

”Jika terjadi perbedaan pilihan ayo sikap dengan penuh kedewasaan. Saling menghormati dan saling memuliakan,” ujarnya.

”Sama-sama kita mendahulukan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok dan golongan. Menjunjung tinggi semangat persaudaraan,” terangnya.

Dia juga mengajak para penyelenggara Pilkada agar bersikap jujur, adil dan profesional agar dapat terselenggara kontestasi yang tertib, aman, damai dan bermartabat.

Dengan begitu, kata dia, rakyat dapat menggunakan hak pilihnya dengan penuh kesadaran, gembira tanpa adanya tekanan dan paksaan.

”Menciptakan suasana yang kondusif, menjauhkan dari praktik politik kotor seperti kampanye hitam, provokasi, intimidasi,  ujaran kebencian, fitnah dan politik uang harus kita jauhi,” pintanya.

Baca Juga  Mas Dibyo Ajak Masyarakat Lampung Timur Redam Klaster Baru  

Bang Ipul juga mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan media masa untuk dapat memerankan diri sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

”Ayo ikut sertalah membantu mendinginkan suasana ketika nanti memasuki masa tenang sehingga kehidupan masyarakat kembali normal dan pada saatnya rakyat dapat menggunakan hak pilihnya dengan pertimbangan yang sehat, jernih dan rasional,” imbuhnya.

Terakhir Zaiful berpesan, Pilkada hanya tiga tahap saat berada di bilik suara TPS; pertama buka surat suara, coblos nomor dua, dan ketiga lipat dengan rapi surat suara lalu masukan ke kotak suara dengan senyum. (man/tap)

Baca Juga