by

Bang Ipul: Gairah Pariwisata New Normal Masih Membara

Sektor pariwisata Lampung Timur  terdampak signifikan akibat pandemi Covid-19 sehingga perlu didorong melakukan penyesuaian (remodelling) dalam langkah-langkah ke depan agar tetap bisa bertahan dan berkembang.

Tidak hanya di masa pandemi tapi juga era setelah ditemukannya vaksin COVID-19.

Inilah yang menjadi komitmen Calon Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur 2020-2025 nomor urut dua Zaiful Bokhari-Sudibyo dalam menggairahkan pariwisata di masa new normal.

Dalam pertemuannya dengan para penggiat wisata yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Zaiful Bokhari mendorong, para penggiat wisata  untuk memanfaatkan kearifan lokal di daerah masing-masing sebagai upaya membangun pariwisata berkelanjutan di era adaptasi kebiasaan baru.

Baca Juga  Pilkada di Tengah Pandemi, Zaiful Bokhari: Yakinlah di Hari H Tak Ada Kekhawatiran

“Lampung Timur sebagai kabupaten yang terdiri dari beraneka ragam budaya. Kita memiliki berbagai macam kearifan lokal yang dapat menjadi potensi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal, nasional dan mancanegara,” jelasnya dalam pertemuan bersama penggiat wisata di Kecamatan Sri Bhawono, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu  Zaiful juga menyatakan siap mendukung program-program Pokdarwis dalam pengelolaan obyek wisata. Seperti obyek wisata Danau Kemuning, Bandar Sribawono dan potensi wisata di Kecamatan Jabung. Untuk itu, agar wisata New Normal bisa bergeliat dibutuhkan infrastruktur yang memadai.

Baca Juga  Pemain Muda PSV Eindhoven Noni Madueke Tampil Ciamik

“Pariwisata menjadi komitmen kami.  Tentunya dengan pembangunan jalan menuju tempat wisata sebaik mungkin. Kita akan undang pihak investor ke desa dan mengajak membangun home stay, agar para wisatawan betah dan tentu meningkatkan roda ekonomi desa setempat,” paparnya.

Kendati new normal, Zaiful juga berpesan agar para penggiat wisata tetap menjalan rotokol kenormalan baru. Seperti menjaga jarak, membatasi pengunjung dan pemakaian masker.

Baca Juga  Zaiful-Dibyo Beri Solusi Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi

“Dari pertemuan dengan para penggiat Pokdarwis, saya melihat semangat mereka membangun pariwisata di Lampung Timur masih membara. Saya dan Mas Dibyo akan selalu mendukung dengan syarat jangan lupa dengan 3M (Menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker),” tandasnya usai pertemuan. (man/tul)

Baca Juga