oleh

Azis Syamsuddin: Redam Terorisme, Perluas Poskotis di Setiap Daerah

Membangun dan memfungsikan Posko Komando Taktis (Poskotis) sebagai salah satu upaya memutus gerakan teroris di seluruh daerah. Langkah yang dilakukan TNI ini pun mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolkam M. Azis Syamsuddin.

“Sudah ditegaskan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Poskotis merupakan satu dari upaya. Ini tepat. Sehingga nantinya akan ada respon cepat dari masyarakat ketika mengetahui sinyal gerakan yang mecurigakan,” terang Azis Syamsuddin, Sabtu (3/4/2021). memutus gerakan teroris.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar memandang perlu sebaran Poskotis ada di setiap kabupaten/kota. “Poskotis harus menyebar di setiap daerah, tidak hanya fokus dan komunikasinya hanya terbatas pada tingkatan provinsi. Ini pun harus sejalan dengan pemenuhan personel,” jelas Azis dalam keterangan resminya.

Baca Juga  Ingat Vaksin Bukan Akhiri Pandemi

Langkah TNI tersebut, lanjuta Azis sangat membantu Polri dalam meredam aksi teror yang setiap saat akan muncul. “Poskotis akan menunjang penguatan intelejen dalam pengumpulan informasi pergerakan terorisme. Ini juga cara untuk mempersempit ruang gerak gerakan-gerakan yang bersifat mengganggu Kamtibmas,” jelas Azis.

Ditambahkannya, fokus terpenting saat ini, adalah merangsang masyarakat, khususnya kelompok dan komunitas untuk terlibat aktif dalam upaya menekan kelompok radikal.

Baca Juga  Anies Baswedan Segera Diperiksa KPK, Riza Patria Pasrah

“Ingat, bahwa ini bukan upaya represif. Tapi sifatnya mengantisipasi. Segala informasi menjadi penting untuk ditindaklanjuti, bukan klaim dan main hantam kromo saat melihat sesuatu yang mencurigakan,” pinta Azis.

DPR lanjut Azis, akan terus mendukung kepolisian dan TNI, dalam upaya menjaga situasi dan kondisi keamanan daerah. Perbantuan informasi intelejen termasuk mitigasi tindakan teroris, sudah harus digerakan secara masif.

Baca Juga  Azis Syamsuddin Dorong Penyelesaian 137 Kasus Konflik Agraria Rampung Sesuai Deadline

“Penekanan dari upaya menangkal gerakan teroris jangan hanya terfokus pada satu titik. Penting dilakukan edukasi, deradikalisasi harus terus dibangun dari kelompok terkecil sekalipun,” jelasnya.

Terakhir Azis berpesan, selain gereja atau tempat ibadah, penting juga menjaga di tempat keramaian, dimana banyak lalulintas masyarakat, serta objek vital nasional.

“Sekali lagi, upaya pencegahan dengan langkah-langkah taktis saat dibutuhkan, tidak hanya saat ini. Tapi terus berkelanjutan, mengingat mayoritas pelaku teror berusia muda kemungkinan memiliki pemikiran dan pemahaman berbeda,” papar Azis Syamsuddin. (rls/as)

 

Baca Juga